Tren dan Gaya Hidup Perawatan
Kulit dan Kecantikan
Klik di sini untuk kembali ke halaman sebelumnya
Tiga Makanan Penyebab Jerawat
Tiga Makanan Penyebab Jerawat

Cokelat dan kacang, siapa sih yang tidak suka dengan dua makanan ini? Rasanya manis dan gurih, cocok untuk teman ngemil saat bekerja atau beraktivitas. Tapi menurut mitos, cokelat dan kacang bisa menimbulkan jerawat di wajah, makanya dua makanan ini sering dihindari. Nah, sebenarnya makanan apa saja sih, yang memicu jerawat di wajah?


Gula
Permen, kue, roti, coklat, minuman soda, biskuit, sereal adalah sederet makanan yang banyak mengandung gula yang ternyata jadi salah satu pemicu tumbuhnya jerawat. Howard Murad, Profesor dari UCLA School of Medicine mengatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah, yang bisa memancing produksi hormon androgen yang membuat kulit jadi berminyak. Kulit berminyak mudah sekali muncul jerawat.

 

Makanan Pedas
Tidak cuma bisa bikin perut kita panas dan terasa mulas di pagi hari. Makanan pedas ternyata bisa bikin wajah jadi jerawatan lho. Setelah makan makanan pedas, tubuh akan terasa panas dan mulai berkeringat dan berminyak. Kulit yang berkeringat dan berminyak ini mudah sekali terserang yang namanya bakteri dan kuman. Nah, biasanya ketika berkeringat biasanya kita memoleskan bedak agar wajah tidak berkeringat dan berminyak. Akibatnya bakteri dan kuman tertutup oleh bedak yang menyebabkan jerawat berwarna kemerahan yang muncul di wajah atau yang disebut dengan rosacea.

 

Caffeine
Caffeine hanya ada di kopi? Ternyata caffeine juga terkandung dalam coklat, teh hitam, teh hijau, soda. Stress akan memicu kelenjar adrenalin untuk beraksi, dimana akan memicu kelenjar keringat untuk memproduksi minyak yang akan menyumbat pori-pori di wajah. Lalu, akan muncul jerawat di wajah. Tidur yang cukup akan menyeimbangkan efek stress dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga jerawat sembuh dengan cepat.
Disarikan dari berbagai sumber.