Tren dan Gaya Hidup Perawatan
Kulit dan Kecantikan
Klik di sini untuk kembali ke halaman sebelumnya
bahaya-makeup-berlebihan
Bahaya makeup berlebihan

Menggunakan makeup memang menjadi salah satu cara untuk membuat wajah jadi lebih cantik serta menutupi noda hitam atau bekas jerawat yang merusak penampilan. Namun, tahukah kamu bahwa iritasi, alergi, jerawat, komedo hingga kanker mengancam wajah yang dipulas make up terlalu berlebihan.

Menurut para ahli Dermatologi beberapa waktu lalu, Dr. Gurmohan Singh, kepala departemen Dermatologi dari Institute of Medical Science (IMS) mengemukakan bahwa makeup berlebihan sangat berbahaya bagi kulit. "Makeup yang berlebihan dapat membuat Kamu cepat tua, menyerap usia kulit serta mengundang datangnya aneka penyakit kulit," ungkapnya.

"Ketakutan kami terutama disebabkan oleh produk kosmetika yang seringkali menggunakan bahan merkuri, nikotin dan racun-racun lainnya. Beberapa brand kosmetika masih sering melanggar peraturan penggunaan bahan kimia berbahaya," imbuhnya. Dan inilah yang dapat membahayakan kulit wajah. Bayangkan saja, bila Kamu memakai produk kosmetik yang mengandung merkuri, diaplikasikan di wajah setiap hari, dan Kamu tak rajin membersihkannya, merkuri akan menumpuk di kulit Kamu. Kanker kulit tentunya akan menjadi ancaman yang serius dalam kondisi seperti ini.

Yuk simak saran dari ahli dermatologi!
1. Menggunakan makeup untuk mempercantik diri, sah-sah saja. Asalkan, kita lebih bijak dalam memilih dan menggunakannya.
2. Proses laser treatment, sebaiknya dihindari. Menurut Dr. Gurmohan Singh, proses ini sebenarnya proses yang tidak perlu dilakukan. Masih banyak cara yang terbukti lebih aman untuk menjadi cantik.
3. Pastikan Kamu selalu membersihkan sisa-sisa makeup dengan benar. Sisa makeup yang menempel di wajah dapat menyebabkan problem pada kulit yang tak diinginkan.
4. Menggunakan sun protection pada kulit, is a must. Sinar matahari saat ini tak lagi ramah, sehingga kita tetap harus melindungi dari ancaman sinar UV.

Sumber: vemale.com