Tren dan Gaya Hidup Perawatan
Kulit dan Kecantikan
Klik di sini untuk kembali ke halaman sebelumnya
Kopi dan Jerawat
Kopi dan Jerawat

Terbiasa minum kopi setiap hari ProbioLovers? Sebaiknya mulai dikurangi bahkan dihindari.  Kopi mengandung kafein dengan kadar tinggi yang memicu sistem hormonal dalam tubuh. Salah satunya adalah hormon stres. Hormon tersebut mendorong produksi minyak secara berlebihan di kulit wajah. Nggak heran, walaupun kamu sudah memakai lotion untuk mengurangi minyak wajah tetap saja jerawat timbul.


Selain itu, kafein juga memicu peningkatan produksi sebum. Sebum sendiri dapat menyumbat pori-pori dan folikel rambut sehingga jerawat jadi lebih mudah timbul. Yang lebih parahnya lagi adalah ternyata kafein juga dapat menimbulkan dehidrasi sehingga kulit akan berada dalam kondisi terburuknya.


Satu hal lagi yang perlu kamu catat agar jerawat tak rajin mampir di wajah. Selain rajin mencuci wajah, kamu juga harus mengurangi jumlah kafein yang kamu konsumsi setiap hari. Tidak hanya pada kopi, tapi waspada terhadap jenis minuman ini. Soft drinks, teh celup, es krim, coklat batangan, dan energy drinks harus dihindari.


Susah untuk tidak mengonsumsi minuman tersebut sama sekali? Tidak perlu secara drastis mengurangi kadar mengonsumsinya. Kalau misalnya setiap hari kamu biasa minum kopi, coba sekarang kurangi menjadi 3 kali saja dalam seminggu. Lalu, ganti kebiasaan untuk minum kopi dengan buah-buahan atau jus segar seperti  apel dan melon yang punya khasiat menyegarkan tubuh secara alami. 

 

Disarikan dari berbagai sumber