Tren dan Gaya Hidup Perawatan
Kulit dan Kecantikan
Klik di sini untuk kembali ke halaman sebelumnya
Kulit Wajah Kering dan Mengelupas
Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Dalam istilah kedokteran kulit wajah yang kering dan juga mengelupas dikenal dengan xerosis. Memiliki kulit wajah yang kering tentu akan membuat kepercayaan diri anda berkurang. Kulit wajah kering akan terasa kasar jika dipegang.

Kulit wajah kering dan mengelupas biasa dialami oleh kulit sensitif. Meskipun begitu memang ada orang-orang yang memiliki jenis kulit wajah yang cenderung kering. Kebanyakan penyebab kulit kering adalah karena kekurangan vitamin A, vitamin C, alergi terhadap penggunaan kosmetik, obat-obatan atau makanan tertentu dan pengaruh dari paparan sinar matahari langsung.

Dalam mengatasi kulit wajah yang kering adalah dengan menghindari penyebabnya dan melakukan penanganan sesuai dengan kebutuuhan. Berikut beberapa cara dalam mengatasi masalah kulit kering:
1. Memberikan nutrisi untuk kulit melalui makanan
Nutrisi dibutuhkan oleh kulit untuk membantu proses regenerasi sel kulit mati yang membuat kulit menjadi kering dan kasar. Vitamin-vitamin yang dapat membantu menutrisi kulit yaitu vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Vitamin C banyak ditemui pada buah jeruk, tomat dan jambu ataupun dari sayuran hijau. Vitamin D bisa di dapatkan dari sinar matahari. Vitamin E banyak terdapat pada sayuran hijau, telur, susu, dan juga kacang-kacangan.

Selain itu juga dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung AHA yang bertanggung jawab langsung mengeluarkan sel-sel kulit yang telah tua atau rusak.
2. Rajin minum air putih
Kurangnya cairan pada sel-sel kulit dapat menyebabkan kulit menjadi dehidrasi dan akibatnya kulit menjadi kering. Memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari dapat menghindari hal tersebut.
3. Berhati-hati dalam penggunaan kosmetik
Dalam memilih kosmetik tentunya anda harus memperhatikan jenis kulit anda dan kandungan dalam kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda. Jika kosmetik yang anda gunakan menyebabkan kulit kering dan mengelupas, maka segera hentikan penggunaan kosmetik tersebut. Selain itu, dalam memilih kosmetik anda harus memperhatikan masa kadaluarsanya.
4. Rajin berolahraga
Meningkatkan aktivitas kelenjar keringat dan kelenjar minyak dengan berolahraga dapat menjaga kelembaban kulit. Selain itu, olahraga juga dapat memperlancar peredaran darah sehingga membantu aliran nutrisi ke sel-sel kulit.
5. Jangan terlalu lama kontak langsung dengan air hangat
Mandi dengan air hangat memang sangat menyegarkan dan dapat membantu anda menyingkirkan rasa lelah setelah seharian beraktivitas. Namun, perlu di perhatikan mandi menggunakan air hangat dalam jangka waktu yang lama akan memecah hambatan lapisan lipit pada kulit sehingga kulit menjadi kering.
6. Menghindari AC dan paparan sinar matahari langsung
Sinar matahari memang dapat memenuhi kebutuhan vitamin D untuk kulit. Namun,sengatan matahari langsung dan dalam waktu yang lama dapat membuat kulit kekurangan cairan. Selain itu terlalu lama berada diruangan ber-AC juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Jika hal ini tidak dapat dihindari, maka anda dapat mengurangi intensitasnya.
7. Menghindari kontak dengan air yang mengandung chlor
Air dengan kandungan chlor yang tinggi biasanya di temui di kolam renang. Untuk itu, bagi anda yang hobi berenang tentunya harus mengetahui efek terlalu lama melakukan kontak dengan air yang mengandung chlor tinggi.

Cara mengatasi kulit kering di atas akan lebih efektif bila anda menggunakan Probio-C Spray sebagai nutrisi untuk kulit wajah anda. Mulai sekarang yuk perhatikan pola hidup yang sehat untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat.