Tren dan Gaya Hidup Perawatan
Kulit dan Kecantikan
Klik di sini untuk kembali ke halaman sebelumnya
Manfaat jeruk bali untuk kesehatan dan kecantikan
Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bicara mengenai jeruk bali (Citrus maxima), pastinya kenal dengan buah keluarga jeruk-jerukan yang memang berasal dari Pulau Dewata alias Bali ini. Masih ingat masa kanak-kanak saat membuat mobil-mobilan dari kulit jeruk bali? Ya, itulah buah yang akan dibahas dalam artikel ini.
Buah jeruk dengan ukuran besar dan kulit buah yang tebal ini memang seringkali membuat penikmat buah enggan mencoba merasakan kenikmatan yang diberikan. Jika saja mereka tahu apa khasiat buah berasa segar yang satu ini, maka mereka tentu tak segan-segan mengkonsumsinya.


Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
Telah dilakukan penelitian oleh seorang ilmuwan tentang pengaruh jeruk bali terhadap pasien yang telah menjalani operasi jantung koroner. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa survey yang dilakukan terhadap 3 kelompok probandus (A: pasien diberi jeruk bali merah, B: pasien diberi jeruk bali putih, dan C: pasien tidak diberi jeruk sama sekali) terbukti bahwa pasien yang diberikan jeruk bali dapat menurunkan kadar kolesterol dalam pembuluh darah. Sedangkan, pasien yang tidak diberikan jeruk bali tidak mengalami penurunan kadar kolesterol.


Senyawa yang berpengaruh terhadap efek penurun kolesterol ini adalah pektin. Senyawa ini dinyatakan mampu menurunkan kadar kolesterol sampai dengan 10% per 15 gram. Bukankah cantik itu identik dengan sehat? So, sehatkan tubuh kita dulu sebelum mempercantik penampilan luar.


Penyeimbang elektrolit dalam tubuh
Kandungan lain dari jeruk bali adalah vitamin A, bioflavonoid, dan kalium. Kandungan senyawa-senyawa tersebut berguna untuk menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh sekaligus mampu berefek antikarsinogenik (antikanker) dan menyehatkan prostat.


Mempunyai efek antibakteri dan antioksidan
Kandungan likopen dalam jeruk bali mampu memberikan efek antibakteri dan antioksidan sehingga mampu menangani masalah pada lambung dan menyeimbangkan kadar asam di dalamnya. Kandungan likopen jeruk bali, seperti halnya dengan likopen dalam tomat, mampu mengatasi jerawat, noda hitam, dan penangkal radikal bebas.


Mengurangi komedo pada wajah
Selain menyehatkan tubuh, jeruk bali juga baik bagi kesehatan kulit dan dapat digunakan sebagai masker. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan daging buah jeruk bali yang dihancurkan ditambah dengan 1 sendok teh air perasan lemon dan 1 sendok makan putih telur, lalu gunakan campuran tersebut pada wajah sebagai masker. Sebelumnya basuh dahulu wajah dengan air hangat dan keringkan. Diamkan campuran selama 15 menit atau sampai mengering kemudian bilas dengan air dingin. Gunakan masker ini secara rutin seminggu sekali untuk membantu mengurangi komedo di wajah.

 

Jadi, mulai sekarang jangan ragu-ragu lagi membeli jeruk bali ya. Selain sehat dan kaya manfaat, bisa juga kan untuk membantu membasmi komedo di wajah.


Disarikan dari berbagai sumber.